Pemilik motor biasanya memanaskan mesin tunggangannya terlebih dahulu di pagi hari. Tujuan ritual ini tak lain agar oli tersirkulasi dan suhu mesin mencapai kondisi ideal.
Berdasarkan banyak kejadian, motor sulit dihidupkan setelah semalaman diparkir. Supardiono selaku Kepala Bengkel AHASS 0001 Astra Motor Jakarta menyebut banyak sebab yang membuat mesin susah hidup di pagi hari.
"Suhu pagi engine masih dingin, lebih susah terbakar. Makanya dikasih choke, yang awalnya ideal campurannya dibikin sedikit kaya (lebih banyak BBM)," jelas pria dengan sapaan Pardiono
Ia menjelaskan, secara prinsip motor bakar terdiri tergantung pada tiga hal, kompresi, pengapian, dan bahan bakar. Kendala teknis bisa terjadi pada beberapa komponen yang mendukung kinerja ketiganya.
"Busi berpengaruh, sudah jelek. Sudah ada kerak di elektroda apinya nyebar," lanjutnya.
Selain pengapian, Pardiono menyarankan pemilik sepeda motor untuk memeriksa karburator dan filter udara. Apabila filter kotor menghambat masuknya udara. Atau bisa juga setelan karburator, misalnya, yang sudah berubah.
"Karburator ada setelannya, anginnya udah bener atau belum. Setelan angin kalau motor bagus 1/8 putaran ke kiri dari mentok. Filter udara ada mampet atau jelek juga motor susah hidup," tuturnya.
Baca Juga:
- Perilaku Salah Pengendara Sepeda Motor Saat Musim Hujan
- Tips Cerdas Merawat Motor dan Mobil Saat Musim Hujan
- 4 Tips Pintar Merawat Motor Agar Tetap Prima
- Salah Kaprah ! Jangan Bersihkan Busi Pakai Amplas